Farming Gold Icarus Online Indonesia - Gemscool Cihuy !


Sebagai sesama gamers, rasanya kurang afdol jikalau tydak berbagi tips dan trik cara farming di game MMORPG tertentu. Seperti di Icarus Online Indonesia ini, yang baru launching tanggal 2 Mei lalu. Gue, gaming blogger yang gak terlalu gaming-gaming amat, kali ini akan memberikan sebuah wejangan, untuk kalian para gold digger di game MMORPG yang di publish Gemscool kali ini. Ok, langsung aja ke tips Farming Gold di Icarus Online Indonesia !

Sebelum ke tipsnya, gue pribadi nyaranin kalian buat ke level mentok dulu, baru mikirin farming. Pentingnya level mentok di game MMORPG itu adalah wajib. Karena dengan kalian level mentok, tentunya akan lebih gampang mencari gold. Itu aja sih saran gue, oke langsung ke tipsnya !


DUNGEON

Yah, kalo yang ini semua orang juga pasti tau yak. Dungeon disini tentunya bukan dungeon solo, tetapi dungeon dengan tingkat kesulitan Heroic. Karena disitulah drop yang menurut gue lumayan berharga. Yang mana dungeon Heroic ini tidak bisa kalian solo-in, seperti kata gue tadi. Disini Job Guardian dan Priest sangat penting karena tanpa job tersebut, job DPS seperti Wizard, Berserker, dan Assasin tentunya agak mustahil untuk menyelesaikan DG Heroic tersebut. Btw, nulis Dungeon ribet juga, gue singkat jadi DG aja ya? hahahehee.

DG yang gue rekomendasikan adalah Frost Keep, yaitu DG terakhir di map Parna Coast. Di DG ini average drop equip sesuai Job sekitar 1 - 3 biji (kalo hoki bisa lebih), entah itu armor, weapon, gloves dan lain-lain. Equip ini nantinya yang akan dijadikan duit, alias gold. Karena gak mungkin kita ambil equip yang gak sesuai sama Job kita. Bisa di somasi dari party nanti kalo sampe party leader gak ngeset sistem lootingnya jadi sesuai Job. Jadi, jika kalian misalkan jadi party leader, harus set lootingnya jadi sesuai Job yak.

Equip tadi yang drop punya status macem-macem. Contoh, Job gue Wizard, pastinya dapet equip Wizard, dong. Nongol nih 3 status INT misalnya. Nah, gue udah puas sama status weapon gue nih, equip yang didapet tadi bisa dijual di Market. Barang itu bisa jadi inceran para player yang emang naikin INT. Dan karena gue naikin Magic Crit Rate, jadi gue gak butuh status weapon full INT. Ya itu cuma contoh aja, sesuaikan aja sama Job masing-masing.

"Terus kan pasti ada nih equip yang statusnya buluk-buluk bang. Misalkan Staff Wizard tapi statusnya STR, itu digimanain bang?"

Untuk equip buluk kek gitu, kalian bisa pecahin jadi Tempering Stone alias bahan tempa. Terserah kalian mau diapain bahan tempanya, dijual bisa, dipake sendiri pun bisa. Cara pecahinnya kalian bisa beli Equip Extractor yang dijual di NPC, karena level equipnya 35, jadi kalian harus beli Extractor yang Lv.40.

Untuk DG Heroic sendiri dibatasi perhari nya yaitu 10 kali masuk, jadi pastikan kalian limit semua supaya farmingnya puoooooool !

Nah, jika masih ada waktu. Kalian bisa ke DG Cavern of The Veil, lokasinya sama di Parna Coast. Disini drop rate equip tidak sebegitu besar dibanding di Frost Keep, tetapi disini drop recehnya lebih banyak ketimbang di Frost Keep. Pengalaman gue masuk DG ini sekitar 19-25 Gold per run. Dan tentunya jika kalian punya banyak waktu, karena DG ini termasuk lamaaaaaaaa bingit. Butuh sekitar 40 menit untuk satu kali run ! Entah equip gue yang emang cupu atau emang DG nya susah, karena memang di sini sangat berlika-liku sekali sodara-sodara. Tapi keknya gue yakin kalo DPS nya diatas rata-rata bisa lah lebih cepet dari ini. Kalo kalian punya banyak waktu, gue saranin untuk masuk ke Cavern of The Veil.

"Terus DG yang lainnya gimana bang?", tanya seorang netijen.

DG yang lain gue juga rekomendasikan, hanya jika kalian punya temen party. Karena memang rata-rata semua party random ato publik hanya run di 2 DG itu, Frost Keep dan Cavern of The Veil. Sisanya paling cuma untuk taming-taming mount yang lucu, dan untuk ngelimitin aja karena gak ada kerjaan. Bisa juga untuk cari bahan-bahan taming mark, atau marknya sekalian. Karena memang ada beberapa battle mount yang marknya drop dari Boss DG.

Ya, ujung-ujungnya juga di jual juga sih kalo udah punya, ye kan ? Farming juga jatohnya, hehehe.

Intinya Dungeon itu sangat bermanfaat sekali untuk memperkaya diri dan mencari gold, karena memang banyak sekali barang-barang yang bisa di jual di Market. Dan kalian gak akan nyesel masuk Dungeon, kecuali kalian mati-mati terus, wkewkekwkekwe. Oke, lanjut !

SEAL STONE

Ini cara farming yang sangat easy banget sih menurut gue. Karena emang kerjaan kita cuma AFK naikin level battle mount. Ya, cuma Ei Ef Key, AFK ! dapet duit, ez banget lah !

Perlu diketahui setiap battle mount yang didapat itu mempunyai status. Status Seal Stone berbeda dengan status ketika kita naikin mount. Misalkan kita naikin mount dan dapet buff INT Aura, bukan berarti jika di seal, battle mount tersebut akan memberikan status INT, belum tentu gaess !

Cara mengetahui status seal battle mount adalah dengan mengarahkan Seal Stone (yang bisa dibeli dari NPC di kota) ke Battle Mount Library (Y). Disitu ketahuan, apabila battle mount itu di seal, akan memberikan status apa? Misalnya INT 5 ~ 5, atau DEX 4 ~ 4 dan seterusnya dan seterusnya.

Akan lebih baik jika kita menaikkan level battle mount sampai mentok atau MAX, karena untuk mengetahui status tertinggi yang didapat setelah di seal dengan Seal Stone.

Untuk level Common, status yang didapat cuma satu. Untuk Elite ada dua status. Untuk Heroic saya belom tau, karena belom pernah nangkep/dapet. Buat temen-temen yang udah pernah tame battle mount Heroic atau diatasnya kalian bisa komen dibawah ada berapa status yang didapat apabila mountnya di seal, okeey gaes.

Cara ini ya buat kalian yang emang suka AFK atau ada kerjaan sebentar, jadi daripada waktu dibuang mubazir, mending naikin level mount. ya kan ya kan ??

GATHERING

Kalo gue nyebutnya macul, karena emang gathering adalah esensi farming sesungguhnya,.Kita cuma ambil-ambilin bahan-bahan crafting yang ada di MAP, dan nantinya bakal di jual di Market. Disini kalian cuma rugi di waktu aja, karena Gathering adalah salah satu cara farm gold yang paling tydack modal dan biasanya agak capek, wkwkwkkw. Apalagi ditambah kelucuan Gemscool yang memangkas Channel menjadi hanya satu Channel saja. NANI ??!! ~~

"Trus bang, yang harganya mahal buat dijual apa ya?", tanya netijen yang polos.

Semua bahan ada harganya, tinggal cek Market aja bro, ente males amat, udah dikasi tau masih aja tanya-tanya. (*mode galak)

Petani yang pintar adalah petani yang tau kebutuhan pasar, maka dari itu carilah bahan-bahan yang memang di cari player lain supaya cepet laku dan bisa dijadikan gold.

CRAFTING

Basic game MMORPG pasti ada crafting, entah itu bikin armor, weapon, buff dan lain-lain. Fitur ini di Icarus gue rasa "agak" kurang berguna, karena di patch yang sekarang belum ada resep armor level 35 yang dijual di NPC, adapun hanya ada drop di Boss Frost Keep aja. Dan bahan-bahan untuk bikinnya bisa dibilang banyak banget, yah boleh dibilang grindy abis dan kurang worth kalau untuk crafting armor/senjata di patch ini. 

Eits, tapi jangan berkecil hati dulu. Crafting disini gak selamanya useless kok. Kalian bisa crafting Potion dan Buff Buff lainnya yang bisa di craft. Potion Health dan Mana masih bisa dijadikan ladang penghasilan, jika kalian tetap istiqomah, wehehee.

MAFIA MARKET

Gue rasa kalo yang ini kalian lebih paham, bwahahaha.

Cara kerja mafia market bekerja adalah dengan slogan "Beli Murah, Jual Mahal". Mafia-mafia seperti ini biasanya kerjanya mantengin NPC Market, dan cuma refresh-refresh market. Berharap supaya ada yang pasang item berharga dengan harga murah atau gak sengaja kepencet jadi salah pasang harga, weehehehe.

Jika dapet barang yang bagus tapi murah, bisa dijual lagi dengan harga mahal. Ya, intinya gitu-gitu aja sih. Berharap bisa dapet selisih harga atau bahasa kerennya "Margin" antara barang-barang yang dijual di market. Sangat tidak direkomendasikan cara farming gold seperti ini, karena selain butuh modal besar di awal, kalian juga harus punya tangan yang cepat tanggap dan mata elang untuk melihat barang-barang yang murah, dan kiranya bisa dijual kembali dengan harga lebih mahal.

CONCLUSION

Mungkin itu aja cara Farming paling ampuh di Icarus Online Indonesia, ya pada dasarnya sama aja kayak game-game MMORPG laennya, gak beda jauh lah ya. Intinya dari semua itu yang paling penting adalah membuat pertemanan dan cari teman sebanyak mungkin. Karena sejago-jagonya anda di game MMORPG kalau cuma sendiri ya buat apa bosque?  Mending cari temen-temen yang sekiranya bisa diajak ngerun  DG dan have fun bareng. Atau gue rekomendasiin kalian cari guild yang memang bisa di ajak party sama-sama.

Bersosialisasilah ! Jangan di real nolep, di game pun nolep, ngoahahaha.

Buat kalian yang baca ini dan tau cara Farming Gold ampuh selain ini, boleh di share di kolom komentar. Jangan pelit, karena sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna bagi orang lain. Ajegile ajikonde bahasanya ! Keras juga gue, ppfft.


Seperti biasa, kalo merasa thread ini berguna bisa di share ke mana-mana terserah lah ya.

Gue, blogger unyu yang tidak terlalu gaming-gaming amat undur diri dulu, sampe jumpa di artikel laennya. Dan mohon maap jarang update, dikarnakan saya sibuk maen Icarus ya bapak, wwkwkwk

Stay tune untuk artikel berfaedah laennya, stay low and grab dat mouse beibeh !

ps : Gamenya udah tutup anjir ! 

Comments

Popular posts from this blog

Tips Leveling RF Classic Indonesia