Tips Farming Black Zone - Albion Online Indonesia




Yohahehehahahihu~


Back again with me di blog gaming yang gak gaming-gaming amat, wekeke. Kali ini gue akan memberikan tips dan trik game yang baru-baru ini lumayan rame di kalangan umat manusia Indonesia, apalagi kalo bukan Albion Online.

Albion Online adalah game sandbox yang dimana kita bisa ngelakuin banyak hal di dalam game, seperti pvp, pve, crafting, guild war, territory war, begal, trading, nipu orang, dan banyak hal laen yang gak bisa gue sebutin satu-satu. karena gak ada "endgame" di game ini. Jadi player bebas nentuin goalnya sendiri, misalkan, jadi yang terkuat, yang terkaya, mempunyai member guild terbanyak, menjadi bandit, daaaaaan masih banyak lagi. Karena itu juga, di game ini tidak ada quest. Quest paling di awal tutorial untuk mengenalkan sistem permainan. Sisanya, ya kita bikin quest sendiri sesuai kata hati. 


Gue disini gak bahas detail dari basic gamenya, thread ini mungkin buat kalian yang setidaknya udah merasakan getirnya kehidupan di Albion Online. Dan masih bingung bagaimana caranya farming atau gathering di Black atau Red Zone, karena salah-salah yang ada kalian malah rugi sendiri dan gak dapet untung dari kedua zona mematikan tersebut. Mengingat Black dan Red Zone bersifat "High Risk High Return", tapi resiko bisa diminimalisir dengan pengetahuan kita terhadap ekosistem di Zona tersebut. Buset, udah kaya guru ekonomi aja gue, anjay.

Sekali lagi ini bukan thread buat Newbie yak. Kalau ada istilah-istilah atau item-item yang gak dimengerti, silahkan googling aja, disini gue hanya memberikan pengetahuan berdasarkan pengalaman gue dan temen-temen yang udah maen lumayan lama di Albion Online. Jika cara-cara ini kurang afdol di mata ente-ente semua, ya gue selaku blogger mohon maap. Mungkin bisa di combine sama cara-cara efektif yang lain.

Oke, cukup talking-talkingnya, kita lanjut ke Tips Farming Black Zone dan Red Zone.

(Gue akan menyingkat Black Zone jadi BZ dan Red Zone menjadi RZ yak, pegel ngetiknya soalnya)

PREPARATION

Apa aja yang harus di bawa jika kita ingin farming di Black/Red Zone?


Pertama, Niat.

Niatkan diri kalian ingin farming/gathering di sana, jangan terpancing jika bertemu musuh, walaupun cuma 1 biji. Meskipun kalian tau kalian bisa menangin fight 1vs1, tapi inget, bisa jadi dia cuma bait dan dibelakangnya banyak dekingan.

Mindset kalian bukan untuk PvP, tapi untuk mencari sejumput silver hasil dari macul.

Kedua, Tentukan Lokasi.

Seperti yang semua tau, di albion online ada beberapa ekosistem atau Biome yang mendukung salah satu resource atau sumber daya alam. Berikut bocorannya :

- Swamp (Rawa) : Kapas (Cotton)
- Forest (Hutan) : Kayu (Wood)
- Desert/Steppe (Padang Pasir/Rumput) : Leather (Kulit)
- Snow Mountain (Gunung Salju) : Ore (Ore)
- Rock Mountain (Gunung Batu) : Rock (Bebatuan)

Satu biome di Albion mendukung 3 resource untuk di pacul, misalkan, kalian ingin macul Kapas di zona Swamp atau rawa-rawa, kalian juga bisa sekalian cari Kulit dan Pohon, dan begitu seterusnya-dan seterusnya. Biasanya ada tuh di atas kanan atas keterangan Biome, kalian tinggal cek aja di tiap Map.

Setelah menentukan apa yang mau dipacul dan dimana lokasinya lanjut ke tahap berikutnya, yaitu...


ITEM DAN GEAR FARMING

Di Albion ada yang namanya Gatherer Gear, alias perlengkapan Gear khusus untuk Farming, karena ada buff yieldnya, apa sih yield itu? Yield adalah seberapa banyak hasil yang didapatkan dari macul. Jadi, kalo ada buff yield, chance untuk mendapatkan bonus gather lebih besar. Jadi, udah jelas, jika kita ingin hasil maksimal harus memakai Gatherer Gear.

"Berarti wajib dong tante?"

Ya gak juga sih, ada temen gue farming BZ pake gear tempur untuk jaga-jaga, jadi sekalian pvpan. Tapi kalo mati dan item ngedrop ya resiko tanggung sendiri. Karena harga Gatherer Gear lumayan murah, jadi ya rekomended pake itu, karna ada buff yieldnya juga.



Untuk main weapon gue rekomendasikan pake Bloodletter, dan untuk offhand pake Mistcaller. Mengapa oh~ mengapa demikian kakak? Karna Bloodletter punya 2 skill dash untuk escape sedangkan Mistcaller punya cooldown reduction.



"Pake yang Tier berapa qaqa?"

Ya di sesuaikan saja mampunya dimana, wkwkwka. Kalo mampu pake Tier 8 yaa pakailah, kalo cuma ada Tier 4 yaa syudahlah. Apa mau dikata ya kan?
Di slot makanan wajib di taro Pork Pie, ada buff buat tambahin Gather Yield dan tambahan maksimum load, jadi sangat dan very very veeeeeery useful buat para paculers. Untuk slot Potion bebas tergantung situasi, kalo gue prefer Sticky Potion atau Gigantify Potion, mengingat survive adalah hal yang krusial kalo kita bicara soal BZ dan RZ.

Gear udah, Weapon udah, Buff ama Potion udah, sekarang tinggal pake mount apa buat macul di BZ.

"Pake Ox aja bang, muatannya gede, jadi bisa banyak bawa hasil farming !"

Oy, kanebo kering, di BZ ama RZ bukan cuma mentingin banyak-banyakan bawa hasil farming, tapi kita selamet gak bawa hasil macul segitu banyak pake Ox ke Kota.
Gue gak rekomendasikan Ox buat macul di BZ/RZ, kenapaaaaaaaa???

Karena meskipun Ox punya max load GUWEDE BINGIT, tapi kalo Oxnya hilang atau mati, atau kita bergerak di luar lingkaran Ox, max load yang tadinya cuma 10% bisa jadi 200% !!! Akibatnya, kita jadi susah jalan atau bisa jadi gak gerak gara2 keberatan muatan.

Di BZ dan RZ hal yang utama dan yang PENTING SYEKALE adalah SPEED ! Kecepatan adalah mutlak disana, jadi siapa yang lambat bakal terbabat, ajegile ajikonde.

Kuda Tier 4 cukup buat macul di BZ/RZ, gak perlu yang mahal-mahal, toh kita kesana buat cari duid. Tanamkan di kepala kalian "Murah Tapi Efektif" biar gak buang-buang duit, oke.

Sepertinya semua persiapan udah, sekarang tinggal tips maculnya.

MACUL TO THE ACTION

Gak di sarankan untuk kalian berlama-lama di BZ/RZ bagi player yang punya base di Kota. Makin berlama-lama disana, makin gede resiko tergank, dan hilangnya hasil farming. Jadi, lebih baik macul dikit tapi selamet. Patokan yang sering gue pake adalah Buff dari makanan, 30 menit cukup untuk kita macul ria di zona berbahaya itu.


Tips berikutnya adalah JANGAN MACUL DI AREA JALAN PROTOKOL ! Hindari keramaian, hindari kerumunan. Ambil area yang agak kepojok. Karena biasanya disitu sepi, yaa paling ada Farmer lain sedang macul. Eits, dia macul bukan berarti gak pengen ngerusuh, tetep waspada jika ada gerakan mencurigakan dan cabut jika emang udah gak memungkinkan farming disitu.

Biasanya, ini biasanya lho ya, para ganker terutama yang Solo Ganker, itu mereka ngintip-ngintip dulu dari kejauhan. Biasanya Nametag itu muncul terus, ilang muncul ilang lagi, tandanya mereka lagi mengintai posisi anda. Ganker yang sering gue dan temen-temen temukan adalah Ganker yang pake Specter Shoes dan punya skill ilang, jadi tau-tau dibelakang udah ngecombo tau-tau kita mati. Kalo Ganker nyamperin farmer jalan kaki, namanya aneh bin bodoh. Karena pasti kita udah ngeliat dan naik Mount terus kabur dong, wekwke.

Intinya farming di Albion Online adalah Seni. Seni gimana caranya kabur dari musuh, kreasikan diri anda bagaimana caranya supaya selamet farming dan selamet sampe rumah.

Eh iya, gue lupa skill apa aja yang harus dipake buat Gatherer Gearnya, entar aja deh yak. Gue bikin thread khusus gimana caranya menghadapi Ganker di Albion Online.

Segini dulu tips farmingnya, capek ngetiknya, gue juga mau makan dulu, awoawkokawk.

Ci yu~

Comments

  1. Lanjut lah, seru ini tips nya,,,

    ReplyDelete
  2. sumpah ngakak, dia bilang SENI kabur dari musuh, ak jadi tambah semangat coba gather di RZ ah

    ReplyDelete
  3. hati" guys ada modus begal juga, 2 orang party, yg satu pura" nyangkul, nah yang satunya nungguin agak jauh, hati" juga kalo ketemu sesama nyangkul

    ReplyDelete

Post a Comment

Sebar link yang gak beres auto-delete Tengkyu~

Popular posts from this blog

Tips Leveling RF Classic Indonesia