Tips Ampuh Menaikkan MMR DOTA2


Gue bilang ini ampuh, kenapa??


Karena buanyak banget artikel-artikel cara menaikkan MMR di DOTA2 di luaran sana yang memang sangat-sangat tidak layak untuk diimplementasikan didalam permainan.

Gue bukannya jelek-jelekin Guide orang, tetapi emang itu faktanya. Guide naikin MMR cuma 2-3 Paragraf? Hellow, apa yang mau diambil kalo cuma 2-3 Paragraf? Jadi,sepertinya para Penulis hanya memikirkan Trafik aja ketimbang konten. Padahal justru Konten itu yang penting untuk mempertahankan situs/blog tersebut.

Oke, cukup ngegosipnya, hehehe.
Balik lagi ke topik.


Berikut sekilas tentang, apa itu MMR :


MMR adalah singkatan dari Matchmaking Rating atau bisa juga disebut Matchmaking Ratio. MMR adalah Rating/Ratio yang terdiri dari deretan angka dan berfungsi untuk mencocokkan Skill/Experience yang dimiliki para player Dota2.


Jadi, misalkan MMR lu sekitar 1000an, lu ga akan bisa main sama player yang MMR nya 4000 di Ranked Match. Nah, lu baru bisa bermain di MMR sekitaran 1000.

Dan semua Player Dota2 berlomba-lomba dalam hal menaikkan MMR nya supaya bisa memenuhi Syarat untuk mengikuti Tournament misalnya, karena Team Dota2 biasanya mematok Minimal MMR untuk menjadi Rooster atau Personil Team.

MMR lebih tinggi = Lebih Jago ?

Ya..Jelas, MMR adalah patokan Skill dan Pengalaman seseorang, meskipun  orang itu baru bermain Dota2, tetapi jika ia cerdas dan bisa menguasai permainan, ya bisa aja dia mempunyai MMR yang tinggi.

MMR itu penting dalam dunia Persilatan Dota2, karena pasti yang ditanya selalu MMR jika lu request party atau invite party orang lain. Pasti ditanya "MMR berapa kak?"

"Ah, MMR kan cuma Angka kata Dendi Na'vi.."

Kalo Dendi MMR 8000 pantes ngomong gitu bro, nah lu yang 1-2k Scrub ngomong gitu? dibacotin orang nanti, kwkwkkw

Gue kasih Teori Step-by-Step supaya nanti lu paham di tiap-tiap bracket ternyata sangat jauh berbeda. 

Oh, ada yang tanya Bracket apa kak? Bukan selimut!, kalo selimut blanket. Ini Bracket yaitu semacam Pengelompokan dari rata-rata MMR kita. Nah, kita cocoknya bermain di Level mana? Nanti Dota2 yang menentukan.


Tips ini berdasarkan pengalaman gue bermain dota sejak jaman batu dan beberapa masukan dari teman-teman serta dari situs-situs Internasional dan gue akan bagi beberapa bracket/level berdasarkan gameplay player di SEA server. 


**aduh gue sering pusing kalo keinget SEA server, lmao**


Let's cekidot.

BRACKET 0-1000 MMR

Berikut beberapa fakta tentang braket 0-1000 MMR :

  • Ga pernah mikir kalo ngepick Hero, alias "Suka-suka gue". Karena yang bermain di bracket ini semua orang yang baru belajar Dota2 atau yang memang MMR nya segini, (sedih amat yak level 90 MMR 1k T_T, walao xD)
  • Semua orang pengen jadi Carry.
  • Jangan harap ada yang beli kurir atau Ward, jika ada yang beli, maka bersujud syukurlah kepada Ilahi, dan langsung Commend setelah game selesai !.
  • Teamplay dan Gameplay masih kacau, "Gue mah asal ga cooldown aja, gue pencet skillnya, sob!", ini celetukan temen warnet gue yang baru maen dota 2 mingguan.
  • Ga butuh Teamplay dan kerja sama tim, asal item lu jadi lu bisa menang.
Gue ga bermaksud merendahkan atau meledek, sama sekali ngga, karena memang ini Fakta yang ada di Server SEA. Daripada gue bilang yang bagus-bagus, nanti malah pas lu maen "LHO KOK GINI, LHO KOK GINI?" mending gue beberin semua faktanya supaya lu bisa prepare dari sekarang kalo emang MMR lu sekitar 0-1000. Meskipun ada beberapa Smurfer (baca: Orang-orang yang bermain di Low Level hanya untuk menghibur diri dan biasanya dia paling jago sendiri).

Setelah tau kondisi 0-1000 MMR itu seperti apa, nah ini beberapa Tips agar lu bisa segera meninggalkan bracket/level ini.


Berikut beberapa Tipsnya :

  • Pick hero yang agak OP (Over Power) di awal, di mid-game, sampai late-game atau hero-hero yang bisa Ngilang (Invisible). Contoh : Slark, Legion Commander, Juggernaut, Phantom Assasins, Rikimaru. "Lho, Phantom Assasins kan lemah diawal?" eh lupa ya? kalo di bracket segini musuh pun akan pick hero-hero Carry alias hero late game yang butuh item juga, jadi pasti mereka ga akan kepikiran mengakhiri game lebih cepat. Am I right?
  • Kalau lu suka hero support, lu bisa pick : Shadow Shaman. Karena ultimatenya berguna untuk menghancurkan Tower musuh dengan cepat. Jadi lu dan team lu bisa kelarin game lebih cepat, tinggal ketik "Push Please!" di chat.
  • Shadow Blade, Shadow Blade, Shadow Blade. Itu item wajib lu. Khusus hero killer yang gak punya skill menghilang. Pake Slark, Shadow Blade! Pake Legion Commander, Shadow Blade! Pake Life Stealer, Shadow Blade! Sniper, Shadow Blade! Pokoknya Shadow Blade di hati. Kenapa gue bilang Shadow blade jadi item inti, karena di bracket segini Jangankan musuh beli Sentry Ward/Gem/Dust, beli Kurir sama Ward aja ngga. Jadi lu bisa gampang bantai mereka, kecuali mereka mikir dan mencari item apa untuk meng-counter Shadow Blade.
  • Spam hero andalan yang lu kira bisa memenangkan permainan. Yakin menang? Pick terus hero andalan lu sampai lu keluar dari Zona ini.
  • Last hit benerin ! Sumber duit/gold adalah dari last hit creep, gimana mau jadi Item lu kalo last hit creep aja ngga bisa? Gue kesel sama orang yang ngaku Core Carry tapi last hit aja nggak bisa, gimana bisa bawa tim menang? Nah, minimal lu tau caranya last hit dengan benar, kalo hero Melee pakailah item Quelling Blade supaya ngegampangin last hit lu. Kalo masih ngga bisa juga, lu bisa matiin Opsi Auto-Attack di pengaturan. HP creep musuh sekarat langsung last hit. Dapet gold Ntabs!
  • Jangan mati terlalu banyak. Dengan lu mati banyak, artinya lu ngasih gold musuh, artinya lagi Item musuh lu jadi, artinya dari artinya lagi,.....YOU LOSE!.
  • Gak usah mikirin orang lain, karena orang lain juga ngga akan mikirin lu kalo di Bracket segini. Kira-kira lu bisa kill langsung kill, atau HP lu sekarat, langsung balik ke Base/Fountain/Shrine/Item regen HP kalau ada. Bukannya gue ngajarin Egois, tetapi Beda bracket, beda gameplay, jadi Santai aja.
  • Komunikasi sedikit diperlukan, jika lu melihat Hero musuh ngga ada, langsung pakai chat macro "Missing Mid!", "Missing Bottom!", atau "Missing Top!" supaya temen lu bisa hati-hati.
  • Berdo'a , karena Do'a adalah segalanya, xD.

BRACKET >1000-2000 MMR

Finally, setelah merayap-rayap di bracket 0-1000, akhirnya sampai juga di bracket MMR 1000+.

Dan berikut fakta di bracket 1000-2000 MMR terutama di SEA server :

  • Disini player sudah tau apa itu fungsi "Ban Hero" di Ranked Match.
  • Overall gameplay tidak berbeda jauh dengan bracket sebelumnya, hanya mungkin dari pengepickan (*opo iki) hero musuh, akan sedikit bervariasi. Misalkan kamu jarang liat hero-hero support, sekarang sudah bisa terlihat 1-2 biji player yang pick hero-hero support.
  • Hero sih support, tapi jiwa Carry, Bahhh! Jangan emosi kalo ngeliat CM/Lion membuat Item Desolator ya.
  • Yang tadinya gak banyak yang minta mid lane, sekarang di chat muncul. "Ako mid, Ako mid", "Mid or Feed!" atau "Mid or Leave!"(:stanley meme:).
  • Sudah muncul kesadaran, untuk "Bersama Kita Bisa!".
  • Mungkin ada yang beli Kurir/Ward jika kita meminta dengan baik? I dunno, kecuali lu memang Rolenya support, cantumin link Steam/ID dota lu, nanti bakal gue commend (+1 REP). Soalnya gue sangat-sangat mengapresiasi siapa aja yang mempunyai Jiwa Support dari awal main Dota2.
  • Sudah sadar, jika musuh mati harus buru-buru Push dan menghancurkan Tower lalu Ancient supaya cepet menang.


Setelah membaca di atas, maka lu bisa sedikit lega, dan ini yang harus lu lakukan :

  • Pick hero yang biasa lu pake, karena di bracket ini biasanya player juga suka spam Hero seperti : Slark. PA. Axe. Sniper, dll.
  • Jika ada salah satu team lu inisiatif memberikan komando, contoh "B",back!, atau "P",push! nah lu harus coba ikutin dia. Karena mungkin dia experiencenya lebih banyak atau mungkin MMR nya di atas lu.
  • Jangan terlalu nafsu buat ngekill, biasanya di MMR bracket ini, player sudah bisa mengambil Inisiatif apabila ada temennya yang lagi lu incer, dia Teleport kesitu, dan sebelum lu kill musuh yang sekarat, lu udah mati duluan, maka jadi sia-sia pengejaran lu. Jadi stay cool aja, jika musuh sudah ngga terlihat lagi atau sudah di luar jarak pandangan, masuk FOW atau Highground, lebih baik langsung back, walaupun musuh itu sekarat. Kecuali ada Zeus, bisa langsung di Ultimate.
  • Item Shadow Blade masih efektif di bracket ini. 
  • Komunikasi sesama player sudah harus lu lakuin di bracket ini, meskipun cuma "Back" atau "Push".

Ok, gue anggap di bracket MMR 0-2000 adalah masa-masa penyesuaian dan adaptasi lu dengan game yang bernama Dota2 ini. Dari skill hero, dan Item, minimal lu sudah harus tau fungsi dan kegunaan skill-skill serta item tersebut.

Dari yang basic, seperti cara last hit, build item, laning, dan komunikasi antar player, serta map awareness (baca: cara membaca map dota),stacking creep. Hal-hal ini sudah harus bisa lu kuasai meskipun masih sedikit-sedikit. Karena di bracket selanjutnya akan lebih susah lagi, jadi lu harus menguasai basicnya dulu.

BRACKET >2000-3000 MMR 

Di bracket MMR ini semua berubah, yang tadinya lu masih egois, sekarang harus bisa menghilangkan keegoisan lu sedikit demi sedikit untuk kemenangan tim.

Sedikit pesan dari gue, JANGAN PERNAH TERLIBAT ADU CHAT (BACOT) DALAM GAME.

Misalkan, ada orang yang mengatakan lu noob, bodoh, putang ina dst dst. Just, abaikan-abaikan-abaikan dan abaikan, ga ada gunanya meladeni orang-orang yang seperti itu. SEA server terkenal dengan Toxic Player nya melebihi server Dota2 lainnya. Jadi, lu harus siapin mental dulu sebelum bermain. Karena banyak orang-orang sok jago yang skill nya gak seberapa tapi sering spam chat. atau sering blaming(baca:menyalahkan) temen satu team sendiri.

Di guide-guide lain sering dikatakan Attitude-attitude, tetapi gak pernah dijelaskan apa itu sebenarnya Attitude, Attitude adalah sikap, sikap yang terpenting dalam bermain. Ingat, ini permainan 10 pemain. Jika, tidak bisa menjaga sikap, habislah sudah. Tidak akan ada orang yang respect dengan lu. Bahkan bisa-bisa temen satu team lu sendiri bakal fight against lu, atau dikenal dengan istilah throw. Jadi, mereka sengaja memberikan kill ke musuh atau istilahnya Feed supaya game jadi kalah.

Maka dari itu JAGA SIKAP! Orang ga suka dengan manusia yang songong dan sok jago. Ingat ! 10 orang yang bermain ini skillnya SAMA dengan lu, jadi gak ada alasan sebenarnya untuk menyombongkan diri dan menganggap remeh musuh.

Itulah sekilas tentang Attitude, semua bergantung sikap kita memperlakukan player lain dan diri kita sendiri.

Back to topic,


Gue akan bahas beberapa fakta dan kebiasaan player di bracket 2000-3000 MMR :

  • Counter-Pick hero sudah berlaku disini, maksudnya misalkan musuh pick Invoker/Tinker (hero cast), kita sudah harus tau counter dari Invoker dan Tinker itu apa. Nah, hero seperti Silencer, Pugna dan Nyx Assasins adalah Counter dari Kedua hero tersebut. Contoh lain, misalkan musuh pick Wraith King, berarti kita harus suggest team hero untuk meng-counter WK, seperti : Anti Mage dan hero-hero yang bisa menghabiskan mana musuh dengan cepat.
  • Support sudah mulai dibutuhkan di bracket ini. Sudah mulai terlihat role-role support disini. Sudah ada yang beli kurir dan ward tanpa disuruh. Karena ya, support itu sangat penting dalam permainan Dota2.
  • Pengambilan lane yang sudah mulai terlihat rapih. Jika dulu di bracket 0-1000 MMR masih asal-asalan, bahkan masih terlihat Crystal Maiden mengambil mid lane, maka di bracket ini pengambilan lane sudah mulai tertata, artinya player sudah tau hero-hero apa yang cocok untuk mid lane, bottom lane(safe lane radiant), atau top lane(offlane radiant).
  • Sudah mengetahui tugas masing-masing. Tugas carry adalah farming, sementara tugas support adalah menjaga carry agar aman. JANGAN SEKALI-KALI mengambil last hit creep carry apapun alasannya, karena carry butuh item secepatnya untuk menjadikan item-itemnya. Support bisa menarik creep lane menuju creep neutral di hutan dan mendapat gold dari situ. Atau mengambil Bounty rune. Btw, nanti gue bakal membuat post tentang Basic Support di Dota2 untuk lebih detail, jadi tetep pantengin blog ini ya.

Nah, setelah lu tau fakta di bracket ini, kira-kira apa yang bakal lu lakukan?

Berikut Tipsnya :

  • Karena peranan dari awal lu adalah seorang carry team, maka sewaktu pemilihan hero, jangan pick buru-buru. Kenapa? karena musuh akan dengan gampang mengcounter hero lu. Nah, lu bisa pick di phase ketiga/keempat. Dan saranin ke team lu supaya pick hero support, atau dari mereka gak ada yg bisa support, ya terpaksa lu yang pick support, sekali lagi hero Shadow Shaman sangat di rekomendasikan untuk fast push tower dan disable hero musuh.
  • Perbanyak pengetahuan tentang hero dan Items di Dota2. Variasi pick hero di bracket ini berbeda dengan low bracket sewaktu lu bermain dulu. Di bracket ini gameplay dan teamplay sudah boleh dikatakan bagus dan bervariasi. Pengetahuan tentang skill-skill hero dota sangat-sangat membantu lu dalam survive di bracket ini. Jadi, lu bisa tau kapan pick hero "A" dan pick hero "B" supaya bisa efektif dalam permainan.
  • Sering-sering lihat MINI-MAP. Kunci keberhasilan seorang player Dota2 adalah Map Awareness(Kewaspadaan terhadap Map). Maka. setiap 2-3 detik sekali lu harus liat mini-map yang ada di pojok kiri bawah untuk mengantisipasi ganking musuh. Sering-sering lihat mini-map, Itu kuncinya.
  • Komunikasi antar player. Lu bisa mulai menurunkan ego di bracket ini dan mulai interaksi sesama player. Misalkan, di mid lane, lu bisa minta ke support supaya bantu gank musuh di mid atau minta ward supaya bisa antisipasi digank musuh. Ingat, lu hanya minta, jangan maksa. Jika support lu adalah support yang baik, maka dia tidak sungkan untuk membantu. Tetapi jika dia tidak menggubris, abaikan. Lu bisa beli ward sendiri kalo hanya 1 ward untuk di Mid lane. Anggap aja berarti dia belum bisa sepenuhnya supporting team, jangan blaming jangan menyalahkan. Stay focus !
  • Shadow Blade dan Hero Invisible bukan lagi andalan lu disini. Kenapa? karena sekarang support musuh tidak akan sungkan menaruh sentry ward atau beli dust untuk mengcounter shadow blade mu. Tergantung cara main juga. Jika lu bisa memaksimalkan penggunaan item Shadow Blade, lu masih bisa bertahan disini.
  • Segera push dan hancurkan Ancient musuh ketika ada kesempatan. Jangan berlama-lama. Kasusnya jika hero musuh adalah hero-hero late menyeramkan, jika berlama-lama habislah sudah. Lu bisa kena comeback karena terlalu berlama-lama dengan hero late tersebut.
  • Tetap pertahankan kerja sama tim. Lu bisa menolong temen lu yang lagi di gank dengan Teleport ke tower terdekat, dengan syarat HP dan mana lu masih banyak. Kecuali carry, carry tidak harus membantu karena tugas carry bukan membantu, tetapi farming sampai item jadi lalu mendominasi permainan.

Itulah beberapa Tips yang bisa gue kasih berdasarkan pengalaman gue dan temen-temen di bracket 2000-3000 MMR.

Sekali lagi, bahkan Alogaritma pun tidak dapat memprediksi jalannya permainan di Dota2.
Sekalipun lu udah berusaha mati-matian, dan berusaha sekeras-kerasnya tetap saja ada faktor(x) yang bisa menyebabkan kemenangan ataupun kekalahan di Dota2.

Itulah mengapa Dota2/MOBA adalah salah satu genre game yang unik.
Karena unlimited chance yang dimiliki genre game ini yang membuat playernya ketagihan.



BRACKET >3000-4000 MMR


Average MMR seorang player Dota2 adalah di bracket ini. 

Seseorang dikatakan "BISA" bermain Dota2 adalah di bracket ini.

Banyak orang yang stuck juga di bracket ini. Mungkin 70-85% player dota stuck di sini.

Ok, kenapa begitu?
Inilah alasannya.

Berikut fakta dan kebiasaan player Dota2 di bracket >3000-4000 MMR SEA server :

  • Banyak yang merasa dirinya "WAH". Salah satu penyakit di SEA server terutama bracket ini adalah banyaknya player yang merasa dirinya lebih dari orang lain. So, pesan gue Stay Low dan keep rendah hati.
  • Pengambilan lane bukan lagi 2-1-2 tetapi sudah beralih menjadi 1-1-3, yang tadinya Top Lane 2 orang, Mid Lane 1 orang, dan Bot Lane 2 orang, menjadi Top lane 1 orang sebagai seorang Offlaner dan 1 orang membantu Bot Lane (safe lane radiant) atau bisa membantu Mid Lane.
  • Combo hero menjadi andalan di bracket ini. Lu akan sering melihat hero  seperti Tidehunter, Earthshaker, Magnus, dan hero stun AOE lainnya. Karena hero-hero tersebut mudah sekali untuk memulai Team Fight.
  • Support semakin menunjukkan eksistensinya disini. Support adalah wajib hukumnya disini. Entah itu hero disabler/healer, yang jelas support sangat-sangat berpengaruh terhadap jalannya permainan.
  • Kerja sama tim yang semakin rapih. Makin tinggi MMR makin apik kerja sama tim dan makin peduli terhadap teman satu team.
  • Lebih dari mengetahui tugas masing-masing, di bracket ini sudah bisa menyusun strategi untuk mendominasi permainan, seperti early gank dan fast push.
Berikut Tips teknis supaya lu bisa melewati bracket ini :

  • Lu harus bisa minimal 2 hero support yang bisa lu kuasai dan beberapa hero Core(Carry). Kenapa? karena ketika di team lu gak ada yang pick support, lu bisa cover dengan kemampuan support lu. Dan selalu sarankan kepada teman 1 team untuk pick support first. Supaya hero Core/Carry team lu nanti susah di counter.
  • Drafting hero. Saat team lu ngepick, pastikan hero-heronya yang bisa mendominasi permainan.
  • Sekali lagi Komunikasi itu penting. Komunikasikan apapun yang menjadikan permainan terasa lebih menyenangkan.
  • Silencer adalah hero yang sangat direkomendasikan. Dengan kemampuan Ultimate Global Silence nya dan potensi carrynya, hero ini menjadi andalan ketika rush menuju 4k or 5k MMR. Ada dua tipe pemain Silencer : pertama player mid lane, yang kedua player support. Jadi, tetapkan role yang cocok untukmu.
  • Perputaran lane. Bete karena mati terus di satu lane atau susah farming? solusinya ya pindah lane jika lu carry. Jangan stuck di safe lane yang dijaga 2 bahkan sampe 3 hero musuh agar lu tidak bisa farmingan, ganti/tukar lane mu dengan sang Offlaner agar kamu bisa farming. Perputaran lane juga dilakukan untuk hero support ganking, yang memang tugasnya gank hero carry/core musuh.

Ok, itulah beberapa Tips teknis survive di bracket >3000-4000 MMR.
Sekarang gue anggep semuanya sudah bisa menguasai semua hal tentang Dota2 dan istilah-istilahnya. Serta gue anggep semuanya sudah bisa memainkan semua hero dota, minimal walaupun belum bisa, lu tau skill-skill dari hero tersebut.

Karena kita akan menuju bracket yang lebih kompetitif lagi yaitu bracket >4000-5000MMR.

BRACKET >4000-5000 MMR

Berdasarkan pengalaman, jika sudah mempunyai experience menuju 4000 MMR akan mudah melewati bracket ini. Meskipun nanti tidak semulus yang lu kira.

Ok, disini langsung gue bahas Fakta dan Kebiasaan player di bracket >4000-5000 MMR :

  • "Me Mid!". Wakakaka.. ternyata di bracket segini masih banyak orang-orang yang masih mempermasalahkan lane. Jangan takut, beri mereka kesempatan untuk taking mid lane.
  • Permainan akan semakin panas dan intense. Selalu waspada-waspada dan waspada. Bisa jadi musuh melakukan gank dengan smoke of deceit, langsung Back ketika melihat hero musuh tidak ada di Mini-Map.
  • Teamfight setelah menit 10 akan lebih sering disini. Maka dari itu selalu bawa TP(Teleport) untuk back up team apabila ada teamfight.
  • Ganking merajalela. Sukses gank hero core musuh berkali-kali = WIN.
  • Segala kemampuan akan diuji disini. So, prepare for the worst.

Itu adalah sekilas tentang Fakta dan kebiasaan player di bracket ini.

Terus, bagaimana agar bisa survive ? berikut adalah Tips nya :

  • Pick pertama atau pick terakhir. Di bracket ini gue rasa lu ga harus disuruh-suruh lagi. Lu bisa pick hero yang kira-kira dibutuhkan oleh team. Jika ga ada team lu yang pick pertama, lu bisa inisiatif pick support kan?
  • Jadilah player Dota2 yang bisa segalanya. Maksud gue sama seperti di atas, isilah role yang kira2 kosong untuk tim lu. Di bracket ini lu ngga bisa maen carry terus, maen support terus, atau maen Offlane terus. Lu harus tau semua basic dan tugas dari semua hero supaya bisa memaksimalkan potensi permainan lu. ITU KUNCINYA.
  • Penempatan Ward. Ini adalah hal basic tetapi sangat-sangat luar biasa efeknya kedalam game, apalagi di bracket ini.
  • Fast response. Jangan kelamaan mikir ! lakukan apa yang mesti lu lakukan.
Perlu diketahui, semua Tips dari bracket awal tadi sampai di bracket ini, tidak mutlak tetapi berlaku di semua bracket MMR. Itu hanya solusi gue dan temen-temen mengenai fakta dilapangan. Lu bisa berimprovisasi dengan kemampuan lu sendiri. Jadilah player Dota2 yang unik. :)


BRACKET > 5000-6000 DST


Di bracket ini, berdasarkan pengalaman temen-temen gue dan pengalaman profesional yang gue baca. Hal teknis sudah tidak dibahas lagi. Maksudnya adalah Player sudah mengetahui dari A sampai Z mengenai teknis di Dota2.

Anggap saja kita semua sudah mengetahui semua seluk beluk Dota2.

Yang mau gue bahas disini adalah mindset.

Mindset lu ketika klik "Find Ranked Match" itu harus benar-benar terencana.
Ubah mindset lu dari "Saya" menjadi "Kita". Bahwa kita tidak akan bisa jika sendirian.

Dota adalah permainan Team, bukan permainan 1vs5. Menyatukan 5 kepala menjadi satu agar bersinergi itu sangat-sangat susah jika basic permainan saja sudah berbeda. Maka dari itu tiap bracket berbeda gameplay dan kebiasaan yang berbeda. Semua sesuai porsinya. 

Lu bisa aja beli ID MMR 5K padahal aslinya MMR lu 2k di ID lama. Tetapi hal itu ga akan bertahan lama, lu akan balik lagi ke MMR asli lu karna lu belum adaptasi di bracket tersebut.

Mental disini adalah segalanya. Jika mental lu masih suka ngebacot digame, masih suka menyalahkan teman satu team, ya jangan heran jika MMR lu masih stuck..
Mereka yang bermain di bracket ini adalah orang-orang yang mendedikasikan diri sepenuhnya dan mempunyai mental pemenang.

Udah bisa dibilang Proffesional lah, karena nama lu akan terpampang di Leaderboards Dota2. 


Selamat.




BEBERAPA TIPS TAMBAHAN :

  • Selalu pasang goal/target MMR, misalkan lu harus menang 2 game(+50) MMR setiap hari. Misalkan lu kalah berarti lu harus bayar hutang lu besoknya sebanyak game yang kalah kemarin. Hal ini untuk memotivasi lu dalam bermain ranked.
  • Jangan terlalu bernapsu. Banyak dari temen-temen gue yang napsu kalo main MMR, kadang bisa sampe 1 harian. Hasilnya? ya naik turun kaya ingus.
  • Mainlah disaat mood lu sedang enakan. Karena mood berhubungan dengan mental tadi, jadi jika mood lu sedang senang lu bisa bermain ranked. Sebaliknya, jangan bermain ranked disaat baru diputusin cewek lu, dijamin -500 MMR, wakakaka.
  • Bermain sebagai support sampai 5K-6K MMR? why not? lebih baik kalah sebagai support daripada kalah sebagai hero core/carry.
  • Selalu ingat "Gue dulu juga pernah Cupu, pernah Noob", jadi lu ga akan merasa sombong sebagai Player dengan High Rank.
  • Selalu baca guide-guide Heroes, Items, Warding, Drafting, dll. Pokoknya yang berhubungan dengan Dota2.
  • Maksimalkan semua potensi role dalam diri lu. Carry, Offlaner, Mid, Support > Ini semua lu harus bisa.
  • GPM/XPM/KILL  itu ga penting bro, yang penting tim lu menang! ITU CATET!.

Demikianlah Tips ampuh ini gue buat. Ini hasil penggodokan juga bersama temen-temen, jadi gak murni dari gue. Terima kasih yang udah bantu buat Tips ini, semoga bisa membantu player-player Dota di luar sana.

Jika ada kata-kata/kalimat yang kurang berkenan, itu memang disengaja. :P
Blog-blog gue ini,wee :P.
JK.


Untuk saran dan kripik atau yang mau bertanya bisa langsung di Kolom Komentar.
Siapa tau ada yang mau menambahkan? its, ok tidak masalah selama hal itu positif.

Ok, sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Stay Low and Grab Dat Mouse!

Salam Olahraga!



(Ri/S89)

Comments

  1. Buat kalian semua penggemar dota 2, pengguna android saya ada trik nih untuk mendapatkan dollar gratis buat steam wallet, coin line secara gratis, diamond lets get rich atau mendapatkan uang dan pulsa gratis dan legal tentunya, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke install buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun
    facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode FN85301
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3,
    lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$ TAPI JIKA TIDAK MEMASUKAN KODE DIATAS KALIAN AKAN MEMULAI DARI $0.1
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain
    atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah
    sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila
    setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall
    lagi lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
    hehehe
    10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke
    voucher google play, steam wallet, paypol dan banyak plhannya
    11. Nah kalian bisa deh beli coin line yg bisa digunakan untuk beli stickerline dan item-item dota 2, beli theme, atau buat nge gift doi juga kan lumayan hehehe

    Jangan lupa share trik berguna ini ya~

    ReplyDelete
  2. Ggwp gaes ,btw ane masih stuck di 2,5 nih masih banyak belajar heehe . Nick profile kita juga ngaruh gan buat kesehatan mental bermain kita gan misal "road to 9k mmr" hahahahah ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu mungkin masuk ke sugesti kali ya. Jadi kita selalu positif setiap lihat nik kita..bisa jadi :)

      Delete
  3. nice thread recommeded buat ane yg stuck d 2,1, btw ane mao tanya soal spam hero, swaktu 1 - 2 k ane spam hero brew n clock itu ampuh bgt gan, tp knapa pas maen d 2k gak manjur ya, alhasil win rate brew n clock ane yg td ny 85% jd turun 65%,

    boleh minta pncerahan nya, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spam hero ya?? hmm.. Brewmaster itu untuk rating player dota2 masih dijadikan sebagai initiator/ganker/badak di team, sedangkan clockwerk rolenya masih sama sebagai initiator/ganker. Ane saranin lebih main ke hero-hero yang bisa dibawa ke late game gan. Contoh heronya : Slark atau hero2 yang mudah kabur. Kalo agan suka maen sebagai badak, bisa coba Bristleback, karna BB di late juga bisa menjadi carry di team.

      Delete
  4. nice bro,gua mau nanya,gua kan spam hero ember spirit,and well gua dpat win terus dari pada pake hero lain,gua bisa fat di awal game,dan selalu beli dust jika perlu,tau kan tipe pemain di sea? bukan cuman pinoy,tapi indo nya juga,pada goblok,jadi gua mau nanya,regional mana yang lebih bagus buat solo mmr? please jawab min,kesal gua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling bagus itu menurut gw europa, tapi kalo lu maksain main di server europa pasti lag gan.

      Delete
    2. Kaya lu ga bego aja dulu, jangan sok lah semua pemain dota awalnya noob

      Delete
  5. Bang nyatanya sekarang , yang ane rasain main di mmr 1000-2000 itu kayak maen di 2000-3000 an udah pada jago counter hero sama counter shadow blade , atau emang perasaan ane aja ya :v. Mohon pencerahan nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gitu berarti di waktu phase pick ban hero, harus bner2 lebih matang lagi gan. Biasanya untuk support pick di awal, dan untuk carry dan mid di pick 4-5. Kalo blm ada yang ngepik hero support di awal, alangkah lebih baiknya kita inisiatif untuk pick hero support demi kelancaran permainan,.. :D, untuk lebih jelas mengenai Supporting dalam dota2, bisa agan cek di post yang lain mengenai Support.

      Delete
  6. weleh, ntabz dah ni info kayak rambut amazon xd. masalahnya, sekarang banyak player yg solo mmr <2000 hobinya ngetroll (misal : feed tanpa alasan). jadi susah naikin mmr walaupun udah maen tim. tapi tetep inget, " ini hanya permainan,ini hanya hiburan, yang kalah tak apa-apa, yang menang mungkin beruntung , tidak ada efek baik/buruk untuk hidupmu dalam permainan, let's have fun but keep playing around rules and respectively, because people happiness is our happiness too. so don't make bad thing on game"

    ReplyDelete
    Replies
    1. rambut amazon lel xD...
      everybodi hev reason to play doto.. sorry fo ma bad english :v
      Jadi memang banyak banget alasan kita untuk bermain dota. Ada yang sekedar having fun, ada yg sekedar isi waktu luang, ada yg sekedar kalo ada temen ngajakin baru main, ada yang gigih banget sampe 2 minggu di warnet ga pulang2 cuma buat naekin MMR, ada yang cuma hobinya ngetroll dan maen smurf di ID MMR kecil..semuanya sah-sah aja kok. Yang penting kita gak lupa kalo Game diciptakan untuk having fun, melepas stress dan refreshing. Kecuali memang untuk menjadi seorang pro, baru disitu dituntut kegigihan seorang player doto. So, yeah bener kata si mas nya. :) Btw, thx udah mampir hahaha... Ssstt,,share artikel ini ke temen2 yah xD

      Delete
  7. 1K MONKEY

    *ward cooldown*
    *PA died*
    PA (Allies) : "Noob supp no ward"
    PA (All) : "plz report my supp so noob"

    Curhatan seorang support 1K di server SEA

    ReplyDelete
  8. Guide yang bagus banget nih terima kasih gan udah posting guide

    Kalo boleh ane mau sedikit cerita ,ane udah maen dota sejak akhir 2015 ,dulu emang cuma untuk senang senang tapi akhir nya ane mutusin untuk lebih serius, tapi mmr belom pernah lebih dari 1k dan selalu stuck disitu,
    Dulu ane berpikir ,mmr gak pernah lebih dari 1k karena team mate yg luar biasa sangat heheh
    Tapi akhir nya ane coba untuk liat guide kaya di gameleap dll ane nonton video nya dan, sadar bahwa alesan ane gak pernah lebih dari 1k karena diri sendiri .
    akhir ane coba untuk ganti mental dan mindset, gue harus bisa berkembang setiap bermain ,harus belajar bukan cuma naikin mmr
    Akhir nya ane mulai paham dota itu apa
    Dulu ane pernah mmr coba naikin mmr dari 500 ke 600 hampir setahun dan hasil nihil, bahkan ampe turun ke 300
    Sekarang abis lihat guide dan lihat pemain professional gimana bermain baru sebulan udah berhasil naikin dari 600 sekarang udah 875 emang sih masih kecil tapi gue terus berusaha sebaik mungkin,mulai paham kalo ada salah mencoba untuk gak mengulangi nya lagi

    (Ini gue kaya testimoni produk banget ya haha)
    Mungkin ane mau coba kasih tambahan mindset kita saat bermain sudah ditetapkan untuk berkembang ,
    mulai hindari blamming pas team ada yg nge feed ,mungkin memberi masukan ke orang tersebut,dan kalo kita dapet masukan kita harus dengarkan sama yg admin bilang tadi diatas

    Semoga buat teman teman yg mau menjadi pemain professional juga bisa melihat guide pengalaman ane dan guide ini sebagai panduan menuju kesuksesan

    Good game, well played everyone
    And once again thanks for posting this guide

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan, semoga bisa tercapai segala impian menjadi pemain profesional. amin

      Delete
  9. Artikel yang menarik dan bermanfaat nih, tolong direview jg ya gan punya ane

    Mungkin buat agan - agan yang pengen UP MMR Rank Solo Match bisa lihat web ane
    http://tarengames.com/cara-menaikkan-rank-up-solo-mmr-dota-2/

    Thankyou braders pecinta dota

    ReplyDelete
  10. gan mau nanya kan saya pas itu saya masih nyelesain Mmr TBD saya mulai main dota akhir 2016 level dota nya baru 22 terus udah nyelesain Tbd nya al hasil 5 match menang 5 match kalah tapi pas udah seleaai tbd nya ko langsung mmr nya 1k sedangkan temen saya buka tbd dota nya level 36 udah nyelesain tbd 6 match kalah 4 match menang tapi dia dapet mmr 362 bisa di jelasin gan. maklum masih newbie. kan jadi kaget entar takut gak sebanding pas main mmr minta pencerahannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang gua tau, kalo mmr TBD penilaiannya dari skil dan gaya bermain di dalam game, kalo lo udah main bagus dan udah ngangkat team lo yang tadinya bego bisa menang dan lo ngerti cara ngegank biasanya mmr yang keluar lumayan gede. Gua pernah baca kalo MMR ingin keluarnya gede lo dari awal dari pertama buat akun lo harus main bagus dari level 1-level 20 dan pas lo udah ngerasa bahwa permainan lo udah bagus, pas main di ranked 10 kali di TBD lo harus bisa bermain lebih bagus dari biasanya, kalo lo main bagus jangan heran lo ketika buka mmr solo atau party udah langsung 3k atau 4k, dan lo gak bakal ngerasain sakitnya main di neraka 1k dude. kwkwkwkk
      intinya kalo lo tbdnya keluar 1K dan teman lo keluar 362(tiga digit) berarti skil bermain lo lebih hebat dari teman lo.

      Delete
  11. MMR just number cuma berlaku di MMR 6k ke atas.., soalnya 6k rata rata udh nguasain gamenya..

    ReplyDelete
  12. makasih gan berati 0 - 1000 masih satu skill ya gan

    ReplyDelete
  13. Gan permasalahan yang gua alamin di 3K yaitu ketemu player yang akunnya akun beli, ngepick hero carry gak bisa farming ngepick hero suport ngelashit creep carry. Dan gua sering bertanya kenapa selalu di Tim gua yang punya penyakit-penyakit kek gitu kenapa gak tim lawan, dan ini yang buat mmr gua stuck.
    Gua saranin para player dota yang beli-beli akun jangan coba-coba main di Rankedlah NYUSAHIN. Tau diri itu penting, kalo gak mampu belajar dulu main dan hilangin ego, jangan nyusahin orang lain.
    (By : Suport Yang Selalu Terzolimi Carry Belian)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha...sabar ini ujian, coba disuruh baca guide support yang ada disini biar ngerti xD

      Delete
  14. http://steamcommunity.com/id/iqbalanggoro ANE SUPPORT MIN WKWKWK , MONGGO DILIAT DOTABUFFNYA .. :)

    ReplyDelete
  15. Baru ngerti MMR itu penting aku TBD malah Coba coba Hero Wkwkwk jadi dapetnya 400 :( Gimana nih wkwkwk

    ReplyDelete
  16. Nice tips gaaan. Kalau bukan dari diri sendiri,ya dari siapa lagi yakaan (y)

    ReplyDelete
  17. Penjelasan yang bagus gan.. commended dah hehe..

    Btw mau nambahin aja pengalaman ane dalam perjuangan menaikkan mmr di server SEA ini.

    Ane sampe skrg stucked terus di bracket 3k, rasanya banyak banget cobaan menuju 4k haha.. Ane paling mentok di 3,8 trus turun naik terus sampe skrg huhuhu...

    Cuman, dari pengalaman itu si ane dapet kesimpulan begini:
    1. Dota is just a game, jadi intinya enjoy aja gan, ubah pola pikir kita dari yang nafsu banget ngejar mmr ke enjoy the game.
    2. MMR bukan segalanya/mutlak makanya di turnamen sekelas TI sekalipun ga ada kan persyaratan MMR misalnya MMR minimal harus 10k (koreksi kalo ane salah).
    3. Mulai ubah pola pikir kita dari yg fokus MMR menjadi fokus ke gameplay/skill. Soalnya kalaupun ente win terus sampe MMR 5k misalnya tp skill ente cuman di 1k apa ga malu?
    4. Dan yang gak kalah penting adalah attitude/etika kita dalam bermain. Please deh, ngurusin gameplay/tugas kita pribadi di game aja udah ribet apalagi untuk baca bacotan kalian pasti konsentrasi bakal buyar. So kalo keadaan mulai sulit jangan ditambah ribet dengan bacotan/blame/flame.

    Inti dari semua itu win di MMR itu adalah hoki atau tidak bisa dipastikan, knp? Apakah ada player dota2 di dunia ini yg win 100%?
    Setau ane dari bbrp artikel winrate tertinggi di dunia ini cuman 60%.

    So please enjoy the game.. Thanks :)

    Silahkan yg mau maen bareng or party mmr sama ane hehe..
    http://steamcommunity.com/id/jccorp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, makasih buat agan Johannes buat tambahan experience nya. Gue hanya ingin memberi tau 1 hal : MMR itu gak pernah bohong gan, artinya semakin pro seseorang maka MMR nya semakin tinggi juga. :)
      Jika skill mumpuni, MMR udah pasti gede. Kalo misal skill 2k tapi MMRnya 5 atau 6k, bisa dipastiin dia beli Akun dan dia bakal balik lagi ke bracket 2k.
      Btw, ty udah mampir

      Delete
  18. mantap gan postingannya :) gue sih new player di dota , kemaren maen rank match pas TBD cuma dapet 1300, sialnya always support yang lain mikirin kill, nafsu kill hahhaha terlalu banyak noob player yang pikirannya kill , kill and kill, tapi tidak mau TEAM WORK hahahah

    party yuk
    id 403096432

    ReplyDelete
  19. Mantab guide nya !!! ano gan.. sy udh maen dari dota 1, udh 85% bisa smua hero, but...mau tanya hero apa yg punya mobilitas tinggi dan perlu banget dipake, misal carry, offlane & supp, punya skill aoe yg penting, kira" dispam bagus gitu :D , mohon pencerahan nya (mmr 1,2k)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hero dengan mobilitas tinggi jadi dia bisa bolak-balik lane tanpa TP dan bisa kabur serta ngejar musuh?
      Kalo carry sih Slark gak ada lawan kalo masalah lari.
      Kalo Support kayaknya semua support itu lelet jalannya terutama hero-hero int kecuali int carry seperti Tinker, DP, dan invoker. :v
      Kalo offlaner mobilitas tinggi contohnya Windranger, atau Weaver juga bisa.
      Kalo nyari hero yang punya potensi Carry, Support, dan Offlaner serta punya AOE yang bisa ngunci musuh, MAGNUS adalah salah satu hero fleksibel di Dota2. :)
      Btw trims udah mampir ^_^

      Delete
  20. sedikit saran nih buat yang masih stuck di 2k-3k kalian jika ketemu player "toxic" atau suka ngeblame sesama player mute aja kalo yang kuat mental, misalkan lo mid dan mati 3x berturut2 di lane lo pada early game, dan seumpama ada team lo bilang ez mid apa idiot mid stay cool aja guys, karna comeback itu nyata. kadang2 juga yg ngebuat mental down itu orang2 kaya gini, jadi jgn ikut2an guys stop flaming team stop blaming team, open your mind for win that game, sebenernya dota2 itu gampang, lebih efisien ketimbang dota 1 frozen throne.. sekian guys thanks

    ReplyDelete
  21. btw mantap gan artikelnya.

    gan ane mau nanya nih ttg rank medal, apa bner ya misal kita dpet rank archon (2) sekitar 2,5k, nah ntar waktu reset medal stiap musim bsa brubah yg awalnya 2,5k jdi 2,7k, atau bsa dibilang mmr kita ketarik naik/turun tergantung rank yg prnh kita dpetin?

    mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  22. Di 1k mmr argh susah bgt dah mau jelasin intinya klo belom di bacotin team blom bener
    And gw sebagai mid lanner always di bacotin karna ga beli cour
    Nih untuk solusi ada ga
    Stress gw main sama kecebong yg besar mulut

    ReplyDelete
  23. yg dikatain mimin betul ini..inti dri segalanya adalah good attitude and being positive..klo kyk ane yg stuck di 7k gmn min solusinya..1 game berasa udah main 3 game aja..

    ReplyDelete
  24. Kuncinya ya keluarin kata kata mutiara gan. PUTANG INA MO! MGA BOBO TALAGA!. Ez win

    ReplyDelete

Post a Comment

Sebar link yang gak beres auto-delete Tengkyu~

Popular posts from this blog

Tips Leveling RF Classic Indonesia