Tips Leveling RF Classic Indonesia


Okeee...hmmm. Lama sudah tidak post tentang Dota2, sebenernya gue disibukkan dengan Game MMORPG yang dulu sempet ngetrend di jamannya. Yaitu Rising Force Online. Tapi kali ini Publisher Lyto merelaunch game ini dengan Patch Pioneers of Novus dicampur dengan Red Army (karna disini sudah ada Red MAU, Red Isis, Red Launcher Kit), atau istilah kerennya Klasik.

Di patch ini max level hanya sampai 50.


Btw, gue sangat-sangat disibukkan dengan game ini sampe-sampe mau nulis blog aja gak sempet, huehehehe. Dan hanya waktu-waktu senggang aja gue nulisnya.

Ok, To the point aja, mungkin banyak dari kalian yang sudah tau tentang game ini (RF Classic Indonesia). Tapi apa salahnya disini gue berbagi pengetahuan yang gue punya untuk para newbie yang ingin memainkan game ini.


TIPS LEVELING RF CLASSIC

 Setelah membuat karakter di RF Classic, langsung cuss aja jalanin Questnya. Tinggal pijet (J) di keyboard, maka nanti akan muncul windows Quest yang akan membimbing kita menuju Quest tersebut.



Level 1-34

Disini kalian tinggal mengikuti Quest yang ada, atau follow aja questnya sambil kalian memahami interface dan item-item dalam Game.

Tips : Selalu bawa pot HP, FP, dan SP dan weapon untuk menghabisi momon-momon yang ada.

Di level 33, kalian bisa ganti armor kalian dengan armor 33 yang bisa dibeli di Pos masing-masing bangsa di Toko Senjata.

Untuk PT, jika kalian adalah Warrior bisa menaikkan PT kalian sampai sekitar 25 PT, dan sebaliknya. Hal tersebut sangat-sangat membantu untuk leveling selanjutnya. Karena memakai Armor Jauh bisa menambah kecepatan lari karakter kalian dan ditambah senjata tipe Injurer serta paket dari Spiritualist ( Jika di bangsa Accretia adalah Nimble Joint atau NJ dari Specialist). Dijamin lari kalian wushh-wussh. Sangat berguna untuk Karakter Warrior karena mereka terkenal lamban dalam berlari, hueehehe.



Level 34-41

Di level ini otomatis kalian sudah mengambil Job pertama dari karakter kalian. Untuk level 34 ada Quest Chooty yang berhadiah Ring ele, ya ele ele lumayan lah wkkwkw. Nambah 10% attack yang bisa didapat dari mendapatkan Peta setelah kalian membunuh Chooty di Map Ether.

Kalian bisa membuat party untuk mendapatkan Peta dari Chooty atau menunggu setelah level 40 (solo).

Di level 35, kalian bisa meminta tolong Kakak-kakak yang sudah high level untuk membantu kalian, atau istilahnya GB, entahlah dari dulu gue juga gak tau artinya GB itu apaan wkwkwkw. Intinya gitu lah, kalian dibantu untuk Up level selanjutnya.

Berikut tempat-tempat GB yang ada di setiap bangsa di RF Classic.




Bellato Union



Kalian bisa ke Daratan Solus, arah Hutan Crawler. Disitu kalian bakal ketemu sama monster yang namanya Crawler Protector Rex atau disingkat CRP. Nah, kalo ada kakak-kakak yang baik ingin GB segera kalian minta bergabung untuk sekedar nongkrong-nongkrong tapi dapet exp, hahaha. Kalian juga bisa bantu hit di level 38, karena momon ini merah di level 38. Tapi awas jangan sekali-kali jadi incaran CRP, karna momon ini  bisa 1 hit K.O karakter kalian. Kalo Warior bisa 2 hit langsung goler.




Accretian Empire


 

Kalian bisa ke Armory 213 arah gerbang snacther. Nah, disitu biasanya ada yang sedang party Snatcher Rex Protector. Kalian bisa langsung gabung party atau minta bantuan kakak-kakak yang levelnya lebih tinggi untuk GB. Jika kalian bangsa Accretia, keuntungannya adalah ada Monster Lizzard yang berada di Pos Accretia arah Gurun Crater. Disini kalian bisa mencicil exp kalian sampai level 45 jika kalian gak bosen sih. Tapi Lizard ini menjadi alternatif karena apabila kondisi Volcanic Cauldron lagi berdarah-darah. Gimana ngga berdarah, wong 1 map di rebutin 3 bangsa. Kalo gak kompak yaudah kena libas.

Holy Alliance Cora


 

Kalian bisa langsung ke map Istana Haram ke arah Lembah Berliku, disana ada momon namanya Baffer Rex Protector, bukan baper ye, wkwkw xD. Tapi Baffer. Sekali-lagi kalian bisa meminta bantuan kakak-kakak yang baik hati untuk nge-GBin momon ini. Biasanya dicari mobber jadi yang level 40 keatas bisa last hit pake skill area dan Exp nya sangat-sangat wonderful emejing sekali. Pengalaman dari level 36 ke 41 itu cuma sejam kurang lebih. Itupun kalo gak dirusuh bangsa lain.


Nah, tempat-tempat levelingnya kalian dah pada tau kan. Sekarang langsung cus ke level selanjutnya yaituuuu....

Level 41-50

Saatnya untuk leveling yang lebih menantang, hueeeheuhue. Perlengkapi diri kalian dengan baik di level ini. Seperti Armor level 41, dan senjata level 40, atau senjata type C malah lebih bagus. Karena kita akan menuju Volcanic Cauldron atau orang-orang sering nyebutnya VC.

Jika sudah melengkapi diri kalian dengan baik maka saatnya kita berangkat ke VC.

Dari portal yang ada di markas, kalian bisa pilih Gurun Sette. Otomatis kalian di transfer ke area gurun pasir area PVP 3 bangsa. Petanya seperti ini.



Untuk tipsnya, disarankan kalian menuju portal tersebut dengan membuat party. Jika ada dewan (council) yang mau membantu maka itu lebih baik. Biasanya ada Rombongan menuju VC yang berniat untuk leveling disana.

Kenapa mesti party atau bersama rombongan ??

Karena jika kalian ke portal VC sendiri-sendiri, maka resiko kalian mati (di PK) sebelum sampai tujuan semakin besar. Karena ini adalah map pvp 3 bangsa. Jadi, semua orang haus akan pvp akan berlomba-lomba memburu kalian yang sedang sendirian, muhehe.

Oh iya, sampe lupa. Kalian harus bawa Black Sparkling Stone yang bisa kalian beli di pahlawan dengan Gold jika ingin masuk sini, kalo gak bawa batu itu ya gak bisa masuk. :)

Ok, next step setelah kalian memasuki VC. ini adalan tampilan jika kalian ingin leveling di VC.




Mohon maap kalo gambarnya burem kwkwwkkw. Nyomot di google soalnya.

Disini gue akan membagi level-level dan momon-momon untuk leveling ke 50.

Area abu-abu sebelah kiri atas adalah area leveling untuk kalian yang masih level 41. Karena disana ada momon Lapis, maka kita sebut aja itu Area lapis. Nah, jika ada party lapis, kalian bisa join langsung cus menuju area itu. sampai level 45. Sebenernya 44 juga udah agak seret sih disini expnya.

Area Kuning adalah area Ash (kupaw-kupaw) sorry,. kupu kupu. :v dan turunan grumble beserta volide volide yang bantet dan Semut, semut apa yak nama momonnya lupa, pokoknya kayak semut kayak laba-laba gitu dah. Kalian bisa hajar momon itu yang tadi gue sebutin di area ini. Kalian bisa leveling disini sampai level 47-48 lah ya. Disitu juga ada Kurr dan kawan-kawannya yang bisa kalian habisi untuk mencicil exp.

Area Merah adalah area untuk leveling advanced, yaitu level 48-50. Sebenernya di RF Classic level 45 pun sudah bisa leveling di area ini. Jika syaratnya spot kosong. Biasanya sih yang diprioritaskan Archon (Pemimpin Bangsa) adalah level yang sudah mau Lulus alias wisuda (Level 50). Momon disini ada Hoom Baba, Giant Baba, dan Dragon apa itu namanya. Nah, kalian bertapa disini sampai level kalian mentok di 50.

Jangan lupa untuk selalu upgrade armor kalian dan senjata.





Okeee. Itu adalah sekilas tentang leveling di RF Classic Indonesia. Untuk lebih lanjut nanti gue bakal bikin post tentang tips dan trik farming mencari duit bangsa di RF Classic Indonesia, jadi stay tune terus yak.

Buat yang mau tanya-tanya silahkan di kolom komentar. Mudah-mudahan gue bisa jawab kalo itu pertanyaan, tapi kalo nanya "kenapa saya masih jomblo?" maaf saya gak bisa jawab xD.

Jangan lupa juga untuk cek Tips Farming RF Classic Indonesia - 2 Cara Pasti Kaya ya.


Sekian dan terima kasih...


Stay Low and Grab Dat Mouse!!

~~Happy Gaming^^~~









Comments

  1. bro. mau nanya soal PT nih. gua kan udh level 30. biasanya kalo nambah level pt kan nambah tuh. jarak dekat+2, jauh+2,launcher+2,perisai(lupa brapa), pertahanan+2. nah karna gua blm mwnuhin semua pt itu. gua langsung ganti job ke gladius. eh langsung nambah lagi kecuali yg perisai. jadi +5 semua. itu gimana ya bro? apa harus buat ulang? syediiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jgn ngulang, kejar aja bro, lama2 gitu LV 30 udh kekejar

      Delete
  2. Perlu di note, kenaikan level itu gak mempengaruhi PT gan, kecuali waktu ambil job pertama dan kedua. Jadi PT sendiri, level sndiri, ya naekinnya lawan momon terus2an supaya PTnya lumayan bagus. Kalo PT yang kurang perisai masih bisa diselamatkan haha xD. Biasanya ada yang GBPT Varas di map 213. Nah ikutan deh tuh nimbrung biar PT prisai GG, tapi minimal harus level 40 yaa.. PT perisai cuma 1 pun gak masalah.

    ReplyDelete
  3. Bang mau nanya,saya lvl 31 job saya warrior lvl 30 saya ambil gladius,kalo PT launcher itu perlu ga sih buat wr? PT saya 22/33

    ReplyDelete
    Replies
    1. WR gak perlu PT launcher gan. :)
      Kecuali WR cross LC, tapi ngapain juga WR cross LC ? xD

      Delete
  4. Gan ane spiritualis nah ane lupa skill force dark, pas udah level 30 baru inget. Terus naikin PTnya gimana ? Seret banget soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cross job WR aja bang mage nya ambil SM nanti disamping HP tebel bisa GB buff,soalnya dapet skill clearense dari WR klo gk salah

      Delete
  5. gan pt yang dibutuhin buat warrior itu apa aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain PT jauh dan PT spiritualis, semua wajib dimentokin. PT jauh ambil seperlunya aja, supaya bisa pakai baju jauh di level 41. Trims udah mampir gan :)

      Delete
  6. Gan untuk armor jadi TB vc baba min + brp ya?

    ReplyDelete
  7. Gan mau nanya istimewanya templar sama guardian apa y? Sama mau nanya elemntal tertinggi dicora itu ser def 30 25 atau 25 20 gan thx u

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus an templar kak,karna di skill job nya nambah serangan,pertahanan,kritical & akurasi klo guardian skill job nya cuma mempersingkat delay skill aja sih,tp klo mau ambil guardian bagusnya dari champion pas level 30 biar rada sakit

      Delete
  8. gan mau nanya nih, kalo buat lancer point yg harus di naekin point apa gan?

    ReplyDelete
  9. Bang untuk yg armor lvl 33 itu dimana ya? saya gak nemu

    ReplyDelete

Post a Comment

Sebar link yang gak beres auto-delete Tengkyu~

Popular posts from this blog