Perbedaan Sims : Freeplay VS Sims : Mobile


Aloha~

Artikel ini mungkin sedikit mencerahkan bagi kalian yang ingin tau, apa sih perbedaan Sims: Freeplay sama Sims : Mobile. Meskipun sama-sama dari Franchise TheSims berbasis Mobile Game, tapi kedua game ini bisa dibilang berbeda satu sama lain.


Bisa dibilang perbedaannya saling mengisi satu sama lain, seperti hati kita,😘.

Cieee...wkwwkwka😂

Pagi-pagi udah baper.

Ngga, ngga seperti itu ya gengs. Maksudnya ada sesuatu yang gak dipunyai dan dimiliki oleh kedua game ini.


Apa sih perbedaannya?, let's chekidot.

Gue singkat aja ya jadi SF (Sims : Freeplay) dan SM (Sims : Mobile) biar gak capek ngetiknya.


Setelah gue bermain kedua game ini, ternyata ada beberapa hal yang menarik untuk dibahas mengenai karakteristik dari kedua game ini. Gue akan bagi menjadi 3 bagian, yaitu yang pertama Kustomisasi bangunan, kedua Gameplay, ketiga tentang Simsnya sendiri.

Bai de way, kedua game ini GRATIS lho, beda dengan game versi PC nya yang harus bayar dulu untuk main, dan dengan DLC yang luar binasa banyak yang bisa bikin kantong bokek bagi kalian yang kere hore, hehehe.😜

Eits, GRATIS bukan berarti semuanya bisa dicapai dengan mudah, unlock ini unlock itu.

Nggak gan.

SF dan SM mengadopsi sistem FREEMIUM, yang artinya meskipun gratis, kalian harus grinding level untuk membuka sesuatu yang baru di gamenya. Buat kalian yang gak mau capek ya tinggal Top-up, beres urusan. Ya biasalah kayak game-game jaman now, sistem Freemium ini emang udah banyak dipake Developer game berbasis Android.

"Kok gitu ya kak?".

Ya, iyalah begichu, kalo ngga gitu mau makan apa mereka?. Udah capek-capek bikin game eh gamenya digratisin semua, kan gak lucu. Ya minimal kita hargai usaha mereka lah dengan Top-up credit. Gak dipaksa juga kan?.😁

Tapi emang di sebagian Event, ada yang nyuruh kalian Top-up juga sih. Seperti event-event bulanan gitu biasanya disuru Top-up, tapiiii anggep aja ini game FREE ya guys, wkwkwk😜.


Buat kalian yang kere hore masih bisa mainin gamenya kok, hehe.

Oke-oke, lanjut ke perbedaannya.


KUSTOMISASI BANGUNAN DAN LAIN-LAIN


Sims : Freeplay

Di SF, kustomisasi bangunan bener-bener detail dan variatif. Karena memang game ini juga udah ada sebelum SM juga sih ya. Jadi, emang detail banget. Kalian bisa bikin rumah lantai tingkat, balkon, wesss pokoknya semua hal tentang bangun membangun SF boleh dibilang lebih unggul dari SM dan buanyak pilihan. Justru gue pribadi main The Sims ya karena emang pengen kustomisasi bangunannya. Berasa Arsitek handal aja gitu kalo bisa bikin bangunan yang mewah, hahaha.😁


Di SF juga kalian bisa kustomisasi semua rumah Sim yang ada di Kota. Boleh dibilang SF lebih ke membangun sebuah Kota dan membuat komunitas Sim yang lebih beragam dan bisa dikendalikan oleh player.



Sims : Mobile

Berbeda di SM, game ini hanya dikaruniai satu rumah beserta 4 adult Sim. Rumah itu nanti yang bakal kalian tempati selamanya, haha. Memang Kustomisasi di SM lebih sedikit, atau bahkan jauh dari SF, tapi tetep seru kok. Kalian tetep bisa renovasi rumah kalian dan merubahnya jadi rumah impian. 




Tapi, lupakan untuk bisa nambah lantai dan membeli rumah baru ya, karena memang gameplay SM lebih ke membangun karakteristik Sim dan relationship ketimbang bikin-bikin rumah atau kustomisasi.



GAMEPLAY


Sims : Freeplay

Nah ini yang boleh dibilang kekurangan dari SF, karena membutuhkan waktu Real Time untuk menyelesaikan task. Contohnya, kalian nyuruh Sim kerja, ya kerjanya selama 8 jam waktu real time. Ngerti kan? Jadi misal kalian nyuruh kerja Sim jam 8 pagi, ya jam 5 sore waktu beneran Sim nya baru selesai kerja. Bukan waktu di gamenya lho ya.😅

Jadi progress gamenya berasa laaaamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa banget.

Apalagi di awal-awal, kalian cuma dikasih 2 Sim. Udah bosen duluan kayaknya, hahaha.

Tapi total Sim yang bisa dimainkan ada 34 Sim ditambah kalo kalian Top-up ada pilihan Baby Sim, Teen, Todler dll.



Memang SF didesain cuma untuk log-in sebentar ngerjain tugas, terus ditinggal lagi log-out. Gitu-gitu aja terus sampe kalian unlock beberapa Sim dan kumpulin simoleon (mata uang Sims). Gue juga mainin SF cuma kalo ada notif task selesai aja, karena Sim gue juga masih dikit. Tapi sejauh itu ya worth it aja, karena di SF ada Petnya, hehehe.



Sims : Mobile

Beda lagi sama SF, SM bener-bener fleksibel. Bisa dimainin kapan aja dan dimana saja. Kalian login ya untuk main Sims, bukan cuma untuk ngerjain task terus nunggu sampe kelar task. Karena SM gak pake waktu Real Time untuk ngerjain tugas-tugasnya, paling cuma beberapa detik kelar, atau beberapa menit sampai energi habis. Disini SM lebih unggul karena bisa kasih waktu yang fleksibel untuk dimainkan.



Yah, meskipun cuma dikasih 4 Sim dan 1 Rumah aja sih, udah cukup lah.😅




KUSTOMISASI SIM


Sims : Freeplay

Hmmm, bisa dibilang SF gak terlalu bagus dalam kustomisasi Sim. Gak ada banyak pilihan untuk mengubah karakter sesuai dengan yang diinginkan. Terlalu sedikit pilihannya kalo menurut gue. Kaya ngubah bentuk alis atau kustom badan aja ngga ada, meh. 


Ya, minusnya SF mungkin salah satunya di kustomisasi Sim yang boleh dibilang dikit banget.


Sims : Mobile

Jika di SF kustomisasinya boleh dibilang minim, sementara di SM kustomisasi karakternya lumayan beragam dan gak jauh berbeda dengan versi PC nya. 



Bisa kustomisasi dari ujung kepala sampe ujung kaki. Well, itu bener-bener bagus menurut gue, karena gue bisa bikin Sim yang bener-bener gue inginkan, yeah !😝


KESIMPULAN

Kesimpulannya adalah kedua game ini game yang sama bagusnya menurut gue. SF maupun SM memberikan sesuatu yang berbeda yang tidak dipunyai satu sama lain. Tergantung kebutuhan aja sih ya. Kalo kalian sukanya lebih ke kustomisasi bangunan dan lain-lain yang detail dan berasa ingin jadi arsitek, kalian bisa coba Freeplay. Sementara kalo kalian gak suka yang ribet-ribet dan pengen ngembangin potensi Sim kalian, ya kalian cocok yang Mobile.

Well, seperti yang gue bilang di awal, mereka ada itu saling menyempurnakan satu sama lain. Gue pribadi mainin 2 2 nya kok, hehehe. Jadi, selama task di Sims : Freeplay belum kelar, ya gue mainin yang Sims : Mobile. Jadi, gak bete-bete amat nungguin task di game satunya.

Gimana menurut kalian?

Kalo kalian punya pertanyaan bisa kalian tanya di kolom komentar down below ya. 😉

Aing blogger absurd nan kece undur diri, sampe ketemu lagi di artikel selanjutnya.


Salam Gamers dan Adios ~😊

Comments

  1. Thanks, artikelnya sangat membantu.
    Pas banget ini lg buka2 playstore, pengen donlot kembali game sims freeplay yg terakhir sy mainkan setahun yg lalu 😂😂 tiba2 pengen main lg setelah sekian purnama berlalu, ada kangen2nya gitu dgn para sim ku 🙇 Jujur untuk sims freeplay emang cukup menguras waktu sihh, apalagi terakhir main, rumah sakitnya sudah terbuka, otomatis profesinya nambah lg jd dokter dan nurse. Makin rempong dan lama lah sy mengontrol para sim kesayanganku itu. Berasa jd emak2 dgn sekian anak 😂 berasa kehidupan para sim malah merenggut kehidupan nyataku, makanya sy pun dgn berat hati memutuskan untuk meng-uninstallnya 😢 ehh sekarang malah kangen lagi, tp pas liat di playstore malah jd dilema mau donlot yg mana, krn skrg sudah ada sims mobile, dan sy masih belum tau gamenya kyk gimana.

    ReplyDelete
  2. Bedanya Sims : Mobile bsia dimainin kapan aja kak. But, overall dua-duanya bagus kok. Btw, trims udah mampir ^_^

    ReplyDelete
  3. Sims mobile gameplay nya mirip gak sih sama sims yang di ps itu

    ReplyDelete
  4. Aku download 22 ny tpi lbih suka yg freeplay lebih seru aja luas bikin rumah jg bisa keren2 cma di freeplay gk seneng sama di orangny aja gk sebagus yg mobile.tpi setujulah gameny nutupi kekurangan satu sama lain.

    ReplyDelete
  5. #ask
    Saya mulai mainin sims free play. Skrg lv 6.. agak mulai membosankan sih
    Sekarang menjalankan 2 karakter, apakah teman/ tetangga dirumah sekitar itu kita juga yang mainin karakternya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua Sims kita yang mainin kak, tetangga gak bisa gerakin sims kita, btw trims uda mampir hehe xD

      Delete
  6. Aku tuh udah level 10 tapi ko blm bsa nikah juga dan kerjaan ku gtu gtu aja ? Gimana ya kak caranyaa?

    ReplyDelete
  7. Waktu baca artikel agan jd ikutan seru" haha.. materi sama opininya bagus, jd makasih bgt sama infonya. Lngsung download sims mobile yg belum dicoba wkwk. Bte jarang" ktemu blogger yg tulisannya seru kek agan wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, makasih-makasih, jadi malu sayah... xD
      Btw, trims udah mampir yaa.. ^^

      Delete
  8. Kok di play store gk ada sims mobile si?

    ReplyDelete
  9. min klo sm bisa menikah dan pnya baby gak??
    mksh,,,

    ReplyDelete
  10. The sims freeplay orgnya dan rumahnya bisa bagus apabila kalian terus main, menyelesaikan event2 dan lain2. Memang waktunya lama tapi sangat worth it lah karena banyak tempat keren kaya sekolahan, mall, tempat camp dan lain2.

    ReplyDelete
  11. makasih buat infonya mudah di pahami.. btw gaya penulisannya bagus, gak kaku XD

    ReplyDelete
  12. sims freeplay juara sih, udah satu setengah tahun mainin dan udah nyampe level 55 dan udah punya 33 orang sims, walaupun amat sangat menyita waktu, tapi kalo sehari aja ga main sims ada yang kurang gitu,

    ReplyDelete
  13. Mau coba yg free play.. Kayaknya lebih menarik ada mall nya, sekolah dll.. Walaupun baru level 2, baru punya 2 orang wkwkw

    ReplyDelete
  14. wahh bagus banget bang review nya.bahasanya gampang banget buat dimengerti. btw gue bingung mau download yg mana, finally gua nemu blog lu dah. thank u 🙏🏻

    ReplyDelete
  15. Ini games bisa log out log in gak si galau mau hapus tapi levelnya udah tinggi tapi klo gak di hapus memory hp ku 😓

    ReplyDelete
  16. haii kakk, mau nanya, diantara kedua game itu yg mana yg bisa main ama sims temen? bisa nikah ama Sims temen?

    ReplyDelete
  17. Makasih infonya, udah bela belain bikin artikel ini

    ReplyDelete
  18. Sm nguras,kalo ada wifi di rumah ya gua mainin

    ReplyDelete
  19. thanks infonya, jadi dapat pencerahan mo donlot dua2nya wkwk jadi pengen nge blog lagi juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Sebar link yang gak beres auto-delete Tengkyu~

Popular posts from this blog

Tips Leveling RF Classic Indonesia