Rules of Survival Plagiat PUBG : Really??


Kali ini gue ajak kalian untuk melihat perkembangan dan gosip-gosip terbaru seputar game yang pastinya sedang HOT-HOTnya pakek hashtag #NgomonginGim, biar kayak orang-orang gitu pakek hesteg, wwwkkwak.πŸ˜‚


#NgomonginGim kali ini gue bakal bahas tentang PUBG Corp. yang melaporkan developer Rules Of Survival dan Knives Out, siapa lagi kalo bukan NetEase.

Jadi, dikabarkan PUBG melaporkan NetEase karena melakukan plagiat gimnya.


Hmmmm...benarkah plagiat?

Dan, jawabannya kalo menurut gue, hmm... Ya, NetEase memang melakukan plagiat terhadap PUBG. Dari pemakaian kata "Chicken Dinner", panci andalan di gim PUBG, dan di beberapa sisi gim memang mirip PUBG.

Tapi, apakah kalian bisa bedain dulu mana plagiat mana terinspirasi?

Ok, kita kesampingkan dulu kasus PUBG. Kita balik ke masa jaman dulu sewaktu gim FPS hanya Counter Strike. Tau kan? Gim FPS tembak-tembakan pertama itu Counter Strike yang resmi masuk Indonesia. Lalu selang beberapa tahun muncul gim serupa yaitu Point Blank yang di publisher Gemscool asalnya dari Korea.

Apa waktu itu Turtle Rock Studios (Developer Counter Strike Pertama sebelum Valve) bilang ke Zepetto (Developer asli Point Blank).

"WOI, pnteq ! Gim gue dijiplak, gak mau tau pokoknya ente bakal ane tuntut Zep ! Cuma CS yang boleh ngembangin Gim tema FPS!?"

Apa gitu?

Ngga kan??

Oke lah, memang PUBG Corp. mengkhawatirkan katanya orang bisa-bisa bingung bedain mana PUBG mana ROS, mana Knives Out. Dan memang banyak yang make kata PUBG untuk judul Video di Youtube atau di artikel-artikel yang ngebahas tentang gim Battle Royale.


Gue cuma bilang, PUBG Corp. mungkin baper, disaat NetEase sudah melanglang buana di platform Mobile, mereka masih ngutek-ngutek masalah bug di gim PC nya.

Mungkin takut kehilangan pangsa pasar kali, kaga tau juga sih, heheheπŸ˜†

Jadi, yang mereka ributin itu takut orang-orang cari PUBG Mobile, eh ketemunya Rules Of Survival atau Knives Out, dan ujungnya malah orang gak mainin PUBG Mobile.

Yang gue baca sih gitu dari artikelnya.


You know, its so funny menurut gue. Lucu aja gitu, masa PUBG takut sama NetEase? Secara NetEase udah duluan ngembangin gimnya di platform Android, malah PUBG yang sibuk ngatain NetEase plagiat.

Gue gak belain NetEase, tapi secara memang NetEase duluan yang ngembangin gimnya di platform Android kan?. Ya, memang sih, PUBG duluan yang mengusung genre Battle Royale. Tapi apa iya harus seegois itu sampai developer lain tidak boleh memakai genre itu sebagai kesempatan untuk membuat gim serupa tapi tak sama?.

Menginspirasi dan terinspirasi pasti akan selalu ada di dunia ini, plagiat atau ngga, ya tergantung kita yang memaknainya.

PUBG pun kalo di usut bisa kena plagiat, pasalnya Battle Royale sendiri pun bukan asli ide dari Brendan sang empunya developer PUBG. Battle Royale diambil dari manga "Battle Royale" karangan Koushun Takami dan Masayuki Taguchi. Buat yang belom baca Manganya ato nonton animenya, coba cek sekarang. Miriiip banget sama PUBG,😁.

Terlepas dari penggunaan kata "Chicken Dinner" dan "Panci", gue rasa PUBG Corp. harusnya gak ngurusin masalah itu. Justru karena itu harusnya PUBG Corp. berterima kasih, karena gamenya dipromosikan secara gratis oleh NetEase, hehehehe😁.

Lagipula NetEase gak pake Asset nya PUBG juga kan?

Ya, kecuali PUBG Corp. mengcopyright "Panci" dan "Chicken Dinner"πŸ˜‚.

Lagian kurang kerjaan banget bikin Copyright begituan, kwkwkwka πŸ˜‚.

Yah, semoga aja kasusnya bisa cepet selesai. Dan sampai saat ini NetEase masih belum mau menanggapi masalah plagiat ini. Kita tunggu saja akhirnya gimana.

Kalo gini, malah jadi keliatan PUBG Corp. mau monopoli pangsa pasar genre Battle Royale.

Duh, malah jadi keliatan bodohnya kan?😜

Nah, menurut kalian gimana nih? Silahkan isi aja di kolom komentar pendapatnya mengenai kasus plagiat ini.

Eits, perlu digaris bawahi gue bukan fanboi Rules Of Survival, atau bukan juga fanboi PUBG yak. Gue cuma penikmat semua game yang bisa dimaenin, hahaha😜

Selagi gamenya seru, kenapa ngga dimaenin, ya kan?.|

Ehm, Fortnite sama Free Fire kok adem-adem aja ya? (*uhuk)πŸ˜†

Ok, segitu aja dah.

Gue, blogger nan mempesona undur diri, sampai ketemu lagi di artikel #NgomonginGim 
berikutnya.

Adios~πŸ˜‰




*source gambar : google


Comments

  1. Awal Ros men baru PUBG
    Kalau ngak tau jangan asal nulis malu bg
    Wkwkwkw
    @
    Players R.O.S

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gue bilang PUBG dulu baru ROS?
      Kalo baca jangan separo-separo makanya
      Wkwwkkwkw

      Player D.O.T.A.2

      Delete
    2. LoL Ros duluan baru PUBG.? Jaman udah maju lu masih aja tolol. Kesimpulannya kalo ros emng dluan knpa PUBG PC udah ada sejak 2008.? Trus knpa dari pihak tencent menggugat NetEase.? Karna dri netease juga ngerelis di pc. Trus yg utma yah gameplaynya. Emang bener kata admin yg nulis blog ini, jngan egois maunya ngerilis gam battle royal hanya untuk mereka aja. Tapi lu pada tau nggak knpa tencent nggak ajukan gugatan ke dev. FreeFire atau Fortnite.? Karna yg sama diantara freefire dengn fortnite hanya gameplaynya saja+senjatanya, tapi selebihnya nggak ada tuh. Kalo ros dari segi tempat ngeloot ada beberapa tempat yg 100% mirip dengan tempat lootingnya pubg, trus sama yang kayak di katain si admin, "chiken dinner + pan". But, just not that ok.? Saat masuk lobby yah sama, dari pesawat juga yg beadaan di ros pesawatnya pake baling", sedngkan di pubg makenya turbin. Trus cara terjun dri pesawat aja sama. Dan masih ada lagi bukannya cuman itu doang. Lbih rincinya silahkan cari di blog lain. Dan kesimpulan gue, emng dari pihak neteast ngeduluin tencent lewat versi mobilenya. Tapi salah neteast sendiri ngerilis juga di versi pc. Contohnya freefire di tuntut nggak dri pihak tencent.? Nggak kan.? Karna mreka hanya merilis di versi mobile saja. Dan buat orng yg ngomong ros yg dluan rilis, menurut gue, lu itu bocah yg nggak tau apa" tentang game taunya cuman mainin doang. Nggak tau game yg diminin copycat atau bukan. Bocah bego emng nggak tau mana plagian dan mana yg original game. Hahaha. Tai.

      Delete
    3. Melihat debat di coment aja ngapain baca wkwk

      Delete
  2. Terus buat apa kalian berdebat?Emang kalian dapat untung?Mau mereka plagia,mau mereka apalah inila itulah tapi kan semua kembali lagi tergantung selera masing masing.Kalo semua selera mau di samain gak ada tuh yang bakalan main ros,ff,atau fortnite pasti semua main pubg kan satu selera?Disinilah seninya game masing masing player punya selera terhadap satu game kalo lu player pubg gausah hina ros dan sebaliknya kalo lu player ros ga usah hina pubg


    salam dari player pubg&ros

    ReplyDelete
  3. Saya heran saat saya melihat tanggal release PUBG dan R.O.S padahal duluan ROS ya perasaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pubgnya di pc dulu baru mobule kalo ros mobile

      Delete
  4. Emang yang hapenya ketan ato kentang mainnya yg low graf smua miskin

    ReplyDelete

Post a Comment

Sebar link yang gak beres auto-delete Tengkyu~

Popular posts from this blog

Tips Leveling RF Classic Indonesia